Rumah Teh Ndoro Donker

11:07:00 AM



Kali ini aku mau sharing pengalaman traveling (sok banget yes pake kata traveling hahaha) oke kalau gitu wisata aja deh ya.

Wisata ke Kebun Teh, Karanganyar, Jawa Tengah. Jadi Kabupaten Karanganyar ini wilayahnya terletak di dataran tinggi, jadi kalau di Jawa Barat itu ibarat Puncak gitu. dan Karanganyar menjadi daerah wisata favorit bagi masyarakat sekitar Yogya, Solo, Klaten, Boyolali dan sekitarnya. karena emang di Karanganyar ini banyak banget wisata alam dan sejarah. tapi sayangnya belum dimaksimalkan marketing wisatanya (*sok tau banget haha) tapi meski belum maksimal dipublish, wisata di Karanganyar selalu rame kalau liburan, apalagi tahun baru sama lebaran, behhh jangan tanya pasti macet. Mungkin karena pada pulang kampung jadi pada manfaatin liburan sama keluarga. oh ya kalau mau menjelajah Karanganyar sehari aja bakal kurang mameen.

Nih ya aku sebutin beberapa wisata yang wajib dikunjungi kalau lagi ke Karanganyar
1. Grojogan Sewu (air terjun di Kalisoro, Tawangmangu)
2. Astana Giribangun (Makam Keluarga Soeharto Presiden ke 2 Indonesia)
3. Candi Cetho (Candi Hindu di Jenawi, Karanganyar)
4. Candi Sukuh (Candi Erotis hehehe lokasi gak jauh dari Candi Cetho)
5. Perkebunan Teh Kemuning (ini yang mau aku ulas kali ini)
6. Air Terjun Jumog (air terjun juga tapi lebih kecil dari grojogan sewu)
8. Agrowisata Sondokoro (ada fasilitas permainan, ohya ini merupakan pabrik Gula peninggalan Belanda dan masih beroperasi sampai sekarang)
9. Wisata Tubing Goasari Ngargoyoso (wisata river tubing, menyusuri sungai dengan ban)
10. Bumi Perkemahan Camping Lawu Resort dan Sekipan (aku pernah camp disini, kapan-kapan aku tulis ulasannya)

Aku pergi ke Karanganyar tanggal 16 Agustus 2016, berangkat dari rumah sekitar pukul 11an. ohya Rumahku di Delanggu, Klaten. Sampe di Karanganyar jam 12.21. Perjalanan sih lancar karena bukan hari libur. Destinasi awal mau ke kebun teh sama ke Rumah Teh Ndoro Donker, jadi langsung ke Kebun teh. Di perjalanan melewati kebun karet yang berjajar, keren banget. Sayang gak sempet selfie karena jalannya lagi lumayan rame, coba kalau sepi langsung keluarin tongkat ajaib cuss selfi hahaha. ohya di kebun karet ini ada wisatanya juga namanya Kampung Karet.




Setelah sampe didepan Rumah Teh Ndoro Donker aku gak langsung masuk, aku menikmati pemandangan perkebunan teh. sejenak menikmati ciptaanNya sambil bersyukur. setelah puas (selfie of course) aku langsung masuk ke Rumah Teh Ndoro Donker.




Nah sedikit info, Ndoro Donker sendiri sebenarnya adalah seorang ahli tanaman berkewarganegaraan Belanda yang pernah hidup di desa Kemuning untuk membangun perkebunan. Dia memilih hidup di desa, berdampingan dengan warga dan berbagi ilmu tentang tanaman dengan warga sekitar yang membuatnya dihormati dan dicintai. Cinta itu dibalas dengan pengabdian sepanjang sisa hidupnya.
Ndoro Donker tidak menerima tawaran untuk kembali ke Belanda, dan memilih mengabdikan ilmu untuk masyarakat yang mencintainya. Setelah Ndowo Donker wafat, beristirahat dalam pelukan tanah Kemuning yang dicintainya, masyarakat desa Kemuning mengenangnya dengan menyebut kawasan yang pernah ditinggali Ndoro Donker sebagai "nDonkeran" (sumber dari web Ndoro Donker)





sumber : here


cozy banget kan tempatnya?










Nah untuk Rumah Tehnya sendiri memang designnya klasik, karena merupakan rumah peninggalan Belanda. Rumah Teh Ndoro Donker ini terletak di Jl. Afdeling Kemuning No. 18, Kemuning.
Di Rumah Teh Ndoro Donker ini menyajikan beragam jenis teh dari Indonesia maupun teh yang terkenal di negara lain. Beberapa teh di Ndoro Donker : Teh hijau kemuning, teh hitam ndoro donker, teh aroma Inggris (Earl Grey, Chamomile, Lady Grey, Mint, Passion Fruit), teh raja, teh putih dan teh herbal. Untuk harga tehnya mulai dari 10.000 sampai dengan 55.000.
Penyajian tehnya ada yang teh cup (satu cangkir perorang) atau dalam teh teapot (untuk 4 orang). Untuk menu makanannya di Ndoro Donker menyediakan makanan berat seperti nasi goreng, kare ayam, mie goreng, aneka steal, dll. untuk makanan ringan/snack menunya ketela madu wijen, timus isi keju, pisang panggang, tahu tempe goreng, dll. Rumah Teh ini buka pada pukul 10.00-18.00.
Aku kemarin pesen iga bakar sama ocha anget plus strawberry ice tea.


Saran, kalau mau pergi kesini mending diatas jam 10.00 karena kalau kepagian pemandangannya masih tertutup kabut, dan tentu sayang banget gak bisa mengabadikan momen dan pemandangan disini. Karena di daerah ini emang dingin, jadi minum teh cocok banget buat angetin badan hehehe.

menu. source : here 




You Might Also Like

1 comments

  1. Bismillahirrahmanirrahim,maaf daftar wisata trtulis kok ke candi n makam,bukankah candi adalah tempat ibadahnya kaum berhala/musyrik ,dan itu terlarang/haram (tidak boleh ) bagi seorang muslim krn termasuk mengangungkan/memulikan syiar2 ,simbol mereka..

    ReplyDelete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe